Sekilas Tentang Cendana Mysoram

Cendana Mysoram, merupakan penghasil  minyak Farmasi terbaik tingkat Dunia. DIi srilangka, dan Indonesia dari Pulau Jawa, Sumatra hingga aceh.

Cendana Mysoram ini adalah  merupakan tumbuhan yangmudah hidup dan dibudidayakan, selain tanaman langka juga salah satu tanaman industri dan komoditi bagi masyarakat, sebab selain harga minyaknya mahal juga bisa digunakan sebagai obat alternative, dan obat farmasi terbaik di dunia.

1

Uji Lab Cendana Mysoram

Foto0097

Kebun Cendana Mysoram

Jika dilihat dari sejarah Jenis Cendana mysoram ini berasal dari (India Selatan)masih keturunan dari santalun album dikarenakan Cendana ini dapat hidup dan tumbuh baik pada iklim tropis yang memiliki curah hujan cukup 1000 – 3000 mm/th, suhu udara optimal 20-25 dengan kelembaban udara sekitar 60%.

Cendana mysoram juga dapat hidup netral di tanah pasir, krikil, bebatuan, gambut dan sebagainya.

CARA TANAMDAN HAMA PENYAKIT

1. Buat lubang dengan kedalaman 30 cm Kemudian

2. masukan pupuk kandang secukupnya. setelah itu

3. Bibit cendana siap dimasukkan dalam lubang tersebut dengan timbunan tanah secukupnya

3 4

Adapun penyakitnya biasanya semut, Bekicot dan kupu-kupu putih yang biasa nempel pada batang pohon cendana my soram dan Untuk obat hama yang ada di pasaran umum
              

PEMUPUKAN DAN PERAWATAN CENDANA MYSORAM

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka diperlukan pola tanam yang baik. Dan wajib menggunakan pupuk Organik tidak diperbolehkan pakai pupuk kimia karena dengan pupuk organik Dapat menghasilkan minyak cendana mysoram yang berkualitas dan dapat memacu pertumbuhan cabang dan buah. Serta Dapat menambah kesuburan daun, ranting /klorofil hingga maksimal.Dan tanaman cendana Bisa Tumpang Sari dengan tanaman apa saja seperti Kencur, Jahe, Sere, Jagung, Padi, Nilam, dll. Kecuali karet dan sawit.

PEMANENAN POHON CENDANA

5

Untuk masa pemanenan pohon Cendana Mysoram ini Minimal usia 3-4th dan setelah itu panen bisa 3x dalam setahun dengan hitungan 4 bulan 1 x. adapun cara pemanenanya cukup di ambil, buah, daun beserta ranting kecil dalam kondisi Basah. Sehingga batang induknya dapat tumbuh serta berproduksi dengan baik dan cepat, adapun cara pemanenanya adalah sebagai berikut :

–       Panen ke satu, kedua dan seterusnya cukup Memotong/Menggunting dari bagian Bawah Ujung Ranting kecil, Daun , dan Buah basah . Sekitar 5- 10 kg dalam / btg.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Produk, Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s